August 9, 2013

Hoop Stove, kompor alkohol teknologi Jepang

Ini nulis niatnya sharing apa selling, sih? Masa sih info kompor alkohol doang pake embel-embel "teknologi Jepang." Hahaha. Kayak yang lagi jualan apa gitu deh, ya gak, ya gak?. Tapi yang satu ini beneran teknologi Jepang. Karena tetkoba, si pembuat kompor alkohol yang diberi nama "Hoop Stove" ini adalah warga negeri sakura.

Capillary Hoop Stove by Tetkoba

Ada sejumlah varian dari kompor Hoop Stove ini, ("kompor"-nya dicoret biar gak boros! kita kan lagi ngomongin efisiensi, toh udah ada stove). Varian pertama adalah hoop stove (doang) yang lengkap menggunakan sumbu, pipa, perekat, dan dibuat dari kaleng pilihan. Kedua, diberi nama pipeless hoop stove, karena tidak menggunakan pipa alumunium.

Sementara varian ketiga diberi nama universal hoop stove karena alasan sebaliknya. Namun, pada varian ini, tetkoba menggabungkan teknik pipa kapiler untuk tetap mempertahankan efisiensi kompor alkohol ciptaannya. Maka judul pada video informatif yang dipublikasikannya, diberi judul capillary hoop stove.

Nah, untuk anggota PA (itu loooh kakak pecinta akhwat, oops, pecinta alam!) atau buat pehobi outdoor activity dan travelling, tentu pingin tahu gimana buatnya? Eh saranku nih, karena versi hoop stove asli itu lumayan ribet bikin dan nemukan bahannya, jadi mendingan pilih yang universal alias kapiler aja deh, Bang!

Selamat menonton dan memperhatikan dengan seksama. So, nanti bisa bikinkan satu buat aku ya.

Hoop Stove, (capillary)

Hoop Stove, (original)

No comments:

Post a Comment