October 15, 2013

Cina dan Mandi Pagi

Cina dan Mandi Pagi

Orang Cina tidak mandi pagi.

Kenapa orang Cina tak mandi pagi? Mungkin ada yang bertanya hal serupa. Benarkah orang Cina gak mandi pagi? Bila benar, lantas apa sebabnya orang Cina tak mandi pagi?

Orang Cina gak mandi pagi, menurut Lily

Dalam sebuah perjalanan untuk keperluan bisnis ke negeri tirai bambu, tepatnya di kota Shenzhen, Guangdong, China, ada beberapa hal baru yang kemudian aku ketahui. Salah satunya adalah tentang kebiasaan mandi orang Cina yang aku catatkan kali ini. Tulisan ini mungkin saja bias, karena hanya bersumber dari sebuah percakapan ringan sehari-hari.

Panggil saja Lily, ia adalah kolega yang kemudian menemani selama aku berada di Shenzhen, Guangdong, China. Pada sebuah kesempatan perbincangan dalam perjalanan menggunakan kereta bawah tanah aku sempat bertanya satu hal sepele padanya. Pertanyaan ini bisa saja tidak bisa diterima banyak orang. Namun keakraban karena keinginan saling mengenal budaya, membuat batasan-batasan terkesan tabu itu sama-sama kami abaikan.

Perjalanan malam itu cukup melelahkan, sebab kami baru saja selesai berkeliling sebuah daerah wisata belanja di Shenzhen untuk sejenak mencuci mata pada penghujung minggu. Ada banyak cerita saling dipertukarkan. Hingga pada sebuah topik tentang mandi demi sekedar menyegarkan tubuh atau lebih jauh membersihkan tubuh.

Lily mengiyakan saat aku bertanya apakah ia akan segera mandi malam itu setibanya di rumah nanti. Namun kemudian ia malah tertawa saat aku beritahu bahwa aku mandi dua hingga tiga kali dalam sehari sebagaimana kebiasaan di Indonesia. Aku kemudian menjelaskan bahwa pagi sebelum memulai aktifitas aku juga mandi, meskipun sore atau malam sudah mandi. Demikian pula siang hari bila aku merasa gerah atau berkeringat berlebihan.

Ringan pula ia menjelaskan bahwa ia hanya mandi sekali saat sore atau malam hari. Saat aku bertanya mengapa? Jawabannya singkat pula: "kamu menghabiskan banyak air." oO. Aku berusaha mencari jawaban lain darinya, tapi ia hanya menggeleng dan tersenyum sambil berkata: "tak ada alasan lain yang spesial." Obrolan pun berpindah ke topik ringan lainnya.

Mengapa orang Cina tidak mandi pagi, menurut Chang

Sebenarnya, aku juga pernah bertanya pada Chang, rekan satu kelas pada masa sekolah menengah dulu. Tapi Chang selalu menjawab sambil bercanda "nanti luntur rezeki kami." Ah, entahlah. Chang memang demikian, ia memang teman Cina ku yang hobinya bercanda, dalam hal apapun. Hingga susah membedakan mana cerita serius dari Chang dan mana pula rekaan imajinasi dia.

Kenapa orang Cina tak mandi pagi, menurut Cikgu Aliya

Sebagai tambahan menarik, sebuah tulisan tentang masa kecil dari Cikgu Aliya yang seorang Mualaf di negeri jiran Malaysia, bisa saja lebih informatif dan meyakinkan dijadikan alasan kenapa orang Cina tidak mandi pagi. Cikgu Aliya menjelaskan bahwa hanya orang dewasa saja yang boleh mandi dengan air dingin (suhu ruang, bukan suhu kulkas hehe). Sementara anak-anak, wanita hamil, orang sakit dan orang tua harus mandi dengan air hangat agar tidak mudah sakit. Anak-anak pada masanya juga tidak disuruh (atau mungkin tidak dianjurkan) mandi pagi sebelum jam 11 pagi karena faktor yang sudah dijelaskan sebelumnya, ditambah lagi faktor kekurangan persediaan air hangat.

Nah, jadi bila kamu sampi tersesat ke halaman ini dengan pertanyaan serupa di awal tulisan, maka kini seharusnya kamu sudah mendapatkan sejumlah jawaban. Semoga bermanfaat dan jangan ragu-ragu membasahi tubuhmu dengan air saat diperlukan. Eh, mandi pagi atau gak mandi pagi, Chang dan Lily tetap temanku :)

Rujukan Penulisan
~ Mandi Pagi, Musings of Mualaf, Aliya.

SANGKALAN
Tulisan ini dibuat semata-mata sebagai catatan pribadi tanpa maksud menyudutkan pihak manapun.

No comments:

Post a Comment