September 24, 2013

Buku Twitter Baik dan Benar

Buku Twitter Baik dan Benar

cover buku twitter baik dan benar, budi rahardjo
Download Cover Buku Twitter Baik dan Benar, Budi Rahardjo

Selain di Twitter, sejumlah informasi pada buku ini juga dapat diterapkan pada media sosial lain seperti Google+. Narasi berikut ini diambil dari halaman "Pengantar" pada buku Twitter Baik dan Benar, karya Budi Rahardjo. Untuk mengunduh atau mendownload buku ini, tersedia di bagian bawah.

Pengantar

Twitter merupakan salah satu media sosial yang ramai digunakan oleh orang di berbagai penjuru dunia. Jumlah pengguna twitter di Indonesia sendiri bahkan mencapai peringkat yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan negara lain. Menurut statistik yang dikeluarkan oleh MediaBistro.com, pada tahun 2012 ada sekitar 30 juta pengguna twitter dari Indonesia. Bahkan kota Jakarta sempat menduduki peringkat nomor satu dalam hal jumlah twitter terbanyak seluruh dunia! Kota Bandung menduduki tempat di top 10 juga. Jumlah pengguna yang sudah banyak ini akan makin terus bertambah dan mungkin pada suatu saat akan mengalahkan jumlah pengguna facebook dari Indonesia, yang saat ini diperkirakan sekitar 40 juta pengguna.

Penggunaan twitter pada mulanya hanya untuk keperluan personal saja, tetapi akhir-akhir ini twitter sudah digunakan untuk keperluan bisnis dan layanan pemerintahan. Twitter digunakan secara serius.

Banyak orang yang mengira bahwa penggunaan teknologi itu dapat dilakukan begitu saja, tanpa disertai dengan proses pembelajaran. Akibatnya terjadi banyak masalah (kasus), baik yang berupa masalah teknis maupun non-teknis. Masalah non-teknis, misalnya masalah sosial, justru akan semakin banyak dan semakin dominan.

Sayangnya tidak banyak buku atau tulisan yang membahas masalah-masalah ini. Kebanyakan referensi hanya membahas aspek teknisnya atau cara (how-to) penggunan twitter saja. Maka muncullah buku ini.

Buku ini muncul dalam format elektronik dan masih akan saya perbaharui secara berkala. Silahkan mendistribusikan buku ini. Bagi Anda yang menyimpan (archive) buku ini, mohon menyediakan versi yang terbarunya. Saya belum tahu di mana akan saya letakkan versi terbaru.

Saya menyadari buku ini sangat jauh dari sempurna. Jangankan untuk sempurna, untuk cukup sebagai sebuah bukupun masih kurang. Namun keberadaan buku ini sangat dibutuhkan saat ini. Maka dengan terpaksa, buku ini harus saya sediakan sekarang juga. Usulan perbaikan dan tambahan isi dapat langsung disampaikan ke saya,tentunya melalui akun twitter saya (@rahard). Semoga buku dapat bermanfaat bagi kita semua.


Bandung, September 2013.
Budi Rahardjo
Twitter: @rahard
Blog: http://rahard.wordpress.com
versi 0.1 - September 2013.
Budi Rahardjo, "Twitter Baik dan Benar", PT Insan Infonesia, 2013

Baca dan Download (draft) buku Twitter Baik dan Benar, Budi Rahardjo.

No comments:

Post a Comment