October 13, 2013

The Act of Killing dan Penumpasan Pengkhianatan G 30 S PKI

The Act of Killing dan Penumpasan Pengkhianatan G 30 S PKI

Tulisan ini memuat ulasan ringkas film The Act of Killing (Jagal) serta film Penumpasan Pengkhianatan G 30 S PKI. Pada halaman ini juga kemudian anda dapat mengunduh atau download film The Act of Killing (Jagal) serta menonton langsung film Penumpasan Pengkhianatan G 30 S PKI.

Mengetahui sebuah titik baru pembentuk garis sejarah negeri ini membuat aku merasa semakin kerdil dalam hal sejarah Indonesia, negeriku sendiri. Namun ada satu hal yang semakin jelas, yaitu; negeri ini dibangun dari banyak sekali pertumpahan darah.

Gerakan 30 September, Ringkas

G 30 S PKI atau juga dikenal sebagai G-30S/PKI atau Gestapu (Gerakan September Tiga Puluh) atau Gestok (Gerakan Satu Oktober) dalam sejarah Indonesia, merujuk pada satu peristiwa berdarah yang disebut Gerakan 30 September. Peristiwa sejarah yang dituduhkan pada Partai Komunis Indonesia (PKI) ini merupakan upaya kudeta pada negara Indonesia dengan bentuk awal terjadinya pembunuhan pada enam orang pejabat tinggi di lingkungan TNI Angkatan Darat, serta beberapa orang lainnya.

Film Penumpasan Pengkhianatan G 30 S PKI

Cover Film Penumpasan Pengkhianatan G 30 S PKI
Cover Film Penumpasan Pengkhianatan G 30 S PKI

Pada masa order baru di Indonesia, film drama dokumenter produksi Perum Produksi Film Negara (PPFN) tahun 1984 tentang peristiwa ini yang berjudul Penumpasan Pengkhianatan G 30 S PKI menjadi sebuah film wajib yang selalu diputar pada setiap tanggal 30 September. Tidak sekedar wajib ditayangkan oleh TVRI sebagai stasiun televisi nasional, menonton film dokumenter G-30S/PKI karya sutradara Arifin C Noer, bagi para siswa adalah sebuah keharusan. Terlepas dari kandungan atau muatannya, film ini tetap merupakan bagian dari sejarah Indonesia.

Simak Film Penumpasan Pengkhianatan G 30 S PKI, Gratis!

Mohon pehatikan sebelum anda memulai menonton, film Penumpasan Pengkhianatan G 30 S PKI ini berdurasi 217 menit.

Film The Act of Killing / Jagal

Poster Film The Act of Killing, Jagal
Poster Film The Act of Killing / Jagal

The Act of Killing atau dalam bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai Jagal merupakan sebuah film produksi tahun 2012 karya sutradara Joshua Oppenheimer. Hal yang disampaikan pada film dokumenter dari Final Cut for Real di Denmark ini memiliki korelasi yang tinggi terhadap peristiwa G 30 S PKI. Pada The Act of Killing, yang mengangkat sebuah catatan sejarah tentang "Indonesian Genocide" lebih spesifik pada pembunuhan massal anti PKI di tahun 1965 hingga 1966 ini seolah memberikan ruang pada para pelaku untuk berkisah dari sudut pandang mereka tanpa tekanan (semoga tak ada rekaan juga ya Bang Anwar, aku berharap, hehehe).

Sebuah catatan menarik tentang The Act of Killing atau Jagal adalah bahwa para pemeran utama dalam film ini merupakan pelaku sejarah itu sendiri. Mereka pula yang menyampaikan ide dan mengembangkan adegan berdasarkan apa yang pernah mereka lakukan pada masa mudanya. Sebagaimana ditampilkan pada pembuka film "Ketika kami berkenalan dengan para pembunuh itu, dengan bangga mereka menceritakan perbuatannya."

Di sisi lain, Anwar Congo sebagai pemeran utama dalam film ini di menit menjelang akhir cerita memberikan pertanyaan sendiri pada dirinya: "Tapi saya merasakan, ya. Benar-benar saya rasakan. Atau saya mungkin... Saya itu be... Apa dosa sama saya? (emosional, penyesalan dalam bentuk tangisan) Banyak ya, manusia yang pernah saya begini(kan) tu ya. Apa kali ini kembali dia kepada saya? Mudah-mudahan jangan sampai. (menyeka air mata) Jangan. Gak mau saya. Saya begini..."

Indonesian Genocide, The Act of Killing, Jagal, Klip Penyesalan Anwar Congo
Cuplikan The Act of Killing / Jagal ini menampilkan saat dimana Anwar Congo memberikan pertanyaan pada dirinya sendiri: Apa dosa sama saya?

Download Film The Act of Killing / Jagal, Gratis!

Film The Act of Killing atau Jagal ini tidak diperjualbelikan di Indonesia. Khusus anda yang tinggal di Indonesia dan ingin menonton film ini dapat langsung mengunduh atau mendownload film The Act of Killing atau Jagal secara gratis melalui link yang tersedia pada situs resmi The Act of Killing berikut; The Act of Killing

Rujukan Penulisan:
~ Gerakan 30 September, Wikipedia bahasa Indonesia
~ Penumpasan Pengkhianatan G 30 S PKI, Wikipedia bahasa Indonesia
~ Jagal, Wikipedia bahasa Indonesia
~ The Act of Killing, English Wikipedia
~ Survivors have little hope for recognition, The Jakarta Post
~ 'The Act of Killing' and the consequences of forgetting, Al Jazeera English

No comments:

Post a Comment