January 17, 2014

Lensa Kontak Pintar Untuk Penderita Diabetes

Lensa Kontak Pintar Untuk Penderita Diabetes

Dalam blognya, Google mengumumkan Lensa Kontak Pintar. Lensa Kontak, Kontak Lensa, Contact Lens, atau Soft Lens, biasanya digunakan untuk membantu penderita kelainan refraksi. Baik itu gangguan penglihatan berupa rabun jauh atau rabun dekat. Namun adakalanya lensa kontak juga digunakan untuk sekedar gaya.

lensa kontak pintar google untuk penderita diabetes
Lensa Kontak Pintar Google ini didesain khusus untuk penderita diabetes.

Namun kali ini Google merilis ke publik tentang fungsi lain dari lensa kontak. Lensa kontak yang merupakan salah satu proyek dari Google X ini adalah lensa kontak pintar. Tapi tidak sebagai pengganti perangkat smartphone kamu layaknya Google Glass.

Lensa kontak pintar ini dibuat khusus untuk penderita diabetes. Lensa Kontak pintar besutan Google ini didesain untuk mengukur kadar glukosa penderita diabetes. Informasi diperoleh melalui sensor glukosa yang dibenamkan di antara dua lapisan material lensa.

Informasi dari cairan tubuh (dalam hal ini air mata) yang diperoleh melalui sensor glukosa kemudian disampaikan ke perangkat penerima informasi secara nirkabel atau wireless. Tidak hanya itu, lensa kontak pintar tersebut juga memiliki sebuah indikator mini berupa LED yang dapat memberikan peringatan pada penggunanya. Namun Google belum akan merilis produk ini dalam waktu dekat.

Produk lensa kontak pintar tersebut masih berupa prototype atau purwarupa. Masih dibutuhkan banyak tes dan sentuhan tambahan untuk penyempurnaan hingga tiba di pasaran. Google juga masih harus menanti izin dari lembaga kesehatan (dalam hal ini FDA) sebagai jaminan bahwa produk ini memberikan informasi yang akurat, dan tentunya aman digunakan.

No comments:

Post a Comment