October 24, 2013

Bagaimana Cara Memaksimalkan Google Login Page

Bagaimana Cara Memaksimalkan Google Login Page

Google memberikan login page atau halaman login baru bagi para pengguna layanannya di pc / desktop. Halaman login terbaru pada layanan Google ini memberikan banyak kemudahan untuk pengguna personal.

Namun ada bagian yang harus menjadi perhatian ekstra ketika kamu mengakses internet dari tempat umum seperti lab sekolah atau warung internet. Tulisan ringkas ini mengulas bagaimana memaksimalkan penggunaan Google login page terbaru, sementara kita tetap aman.

Halaman Login Gmail Terbaru

Tampilan halaman login Gmail terbaru
Tampilan halaman login Gmail terbaru

Gambar di atas adalah halaman login Gmail terbaru. Halaman dengan tagline "One Account. All of Google." atau dapat diterjemahkan menjadi "Satu akun. Semuanya Google." tersebut terlihat lebih bersih. Tapi Google tidak sekedar merubah tampilan halaman login tersebut. Mari kita bongkar apa fitur baru yang kita dapatkan dari perubahan login page terbaru kali ini.

Halaman Login Blogger Terbaru

Tampilan halaman login Blogger terbaru
Tampilan halaman login Blogger terbaru

Tangkapan layar di atas merupakan tampilan baru halaman login pada Blogger. Perlu diketahui bahwa Google login page terbaru ini berlaku sama untuk Google Account, Gmail, YouTube, Google Maps, Google Play, Google Drive, Google Maps dan Google+.

Kesan Personal Halaman Login Google Terbaru

New Google login page
Nama dan Foto pada halaman ini memberikan kesan personal

Fitur pertama: Setelah login pertama kali, kita tidak perlu mengetikkan username atau account kembali selanjutnya. Tidak hanya username, pada Google login page terbaru kali ini, nama dan foto yang melekat pada akun kita juga ikut ditampilkan. Hal ini tidak saja memberikan kemudahan, namun juga sebuah kesan personal pada setiap pengguna.

password on Google login page
Contoh tampilan akun Google pada halaman login

Menghapus Akun dari Halaman Login Gmail Terbaru

Fitur kedua: Dengan beragam alasan, kesan personal ini pada halaman login terbaru tersebut mungkin tidak disukai oleh sebagian pengguna. Untuk itu Google memberikan kemudahan bagi penggunanya bila ingin menghapus akun Google dari daftar tersebut.


Menghapus akun dari Google login page terbaru

Yang perlu dilakukan untuk menghapusnya adalah dengan klik pilihan "Remove". Selanjutnya kita akan diberikan pilihan akun Google mana yang akan dihapus dari daftar tampilan default. Lanjutkan dengan klik pada tanda silang (X). Maka kemudian akun kamu akan dihapus dari daftar halaman login terbaru ini.

Bila hanya terdapat satu akun pada daftar, maka setelah kita klik pada tanda silang, kita akan diberikan informasi seperti terlihat pada gambar dibawah. Selesai, klik tombol Done.

Dari sisi keamanan, fitur ini penting, bila kamu mengakses akun google pada komputer yang digunakan bersama, semisal lab sekolah atau warnet. Aku lebih merekomendasikan untuk tidak mencentang pilihan "Stay signed in" sebelum kamu mulai login. Kecuali jika kamu bermaksud sengaja agar selalu eksis hahaha.

Remove all accounts on new Google login page
Informasi penghapusan akun dari halaman login Blogger terbaru

Beberapa Akun pada Halaman Login Gmail Terbaru

Tidak sekedar menghapus akun dari daftar, mungkin kamu memiliki akun lain? Kita juga dapat dengan mudah menambahkan akun Google lainnya pada daftar untuk mempercepat akses ke layanan Google yang sering digunakan.

Tidak jauh berbeda seperti saat menghapus, ikuti saja proses lanjutan setelah klik tombol "Add account". Dan tangkapan layar berikut ini adalah hasilnya bila ada lebih dari satu akun yang digunakan.

Multi user on new Google login page
Beberapa akun di halaman login Google terbaru

Satu hal yang kurang dari semua itu, aku belum menemukan kesan personal karena Google Login Page terbaru ini tidak menggunakan Bahasa Indonesia. Setidaknya hingga saat tulisan ini aku buat. Atau mungkin memang belum sampai ke arah sana?

Rujukan Penulisan
~ Tampilan Halaman Login Baru Google Account, ML
~ Securely signing in to Google, Google Account

No comments:

Post a Comment