December 20, 2014

Mikroskop Kertas Lipat Origami Foldscope

Mikroskop Kertas Foldscope

Sesuai namanya, Foldscope adalah mikroskop berbahan kertas dan untuk merakit mikroskop kecil ini, cukup dengan cara dilipat seperti bermain origami.

Mikroskop Kertas Lipat Origami Foldscape
Desain, komponen, dan cara perakitan Foldscope.

Mikroskop merupakan alat bantu untuk melihat dan mengamati objek berukuran sangat kecil (renik hingga mikroskopis). Sebagai salah produk optik, tentu komponen utama mikroskop adalah lensa. Sementara kertas dengan segala kelebihan dan kekurangannya, merupakan bahan multi fungsi yang mudah diperoleh.

Oleh Manu Prakash beserta tim di Universitas Standford, ketika kedua komponen ini digabungkan, maka hasilnya adalah: Foldscope, sebuah mikroskop berbasis teknik origami namun berkemampuan mengamati objek dengan perbesaran hingga 2000 kali. Sebagai bonus, foldscape dapat diperoleh dengan harga jauh dibawah produk optik pada umumnya. Cukup 1 USD. Wah!

Sayangnya, meski dengan harga yang murah tersebut, produk ini belum diproduksi secara masal. Sehingga, saat ini yang bisa kamu lakukan adalah mempelajari dan mencoba membuat foldscope sendiri dengan panduan langsung dari halaman Foldscope: Origami-Based Paper Microscope di PLOS ONE.

Sekedar menyegarkan ingatan, masih berhubungan dengan lensa atau produk optik, Google sempat memperkenalkan sebuah teknologi berupa Lensa Kontak Pintar yang diperuntukkan bagi mereka penderita diabetes.

FYI: Produk optik lain bernama CellScope yang menjadikan kamera pada smartphone sebagai mikroskop, tentu juga menarik untuk kamu ketahui.

No comments:

Post a Comment